1.
Mengapa manajemen
pemasaran sering disebut juga sebagai manajemen permintaan ?
Karena Manajemen
pemasaran ialah suatu analisis,perencanaan,implementasi,dan pengendalian dari
program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran
yang bermanfaat dengan pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi,oleh
karena itu manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai manajemen permintaan.
2.
Perbedaan kebutuhan
dan keinginan berdasarkan konsep initi pemasaran
Ada perbedaan antara kebutuhan, keinginan dan
permintaan. Kebutuhan manusia adalah keadaan dimana manusia merasa tidak
memiliki kepuasan dasar. Kebutuhan tidak diciptakan oleh masyarakat atau
pemasar, namun sudah ada dan terukir dalam hayati kondisi manusia. keinginan
adalah hasrat akan pemuas tertentu dari kebutuhan tersebut. Keinginan manusia
dibentuk oleh kekuatan dan institusi sosial. Sedangkan Permintaan adalah
keinginan akan sesuatu yang didukung dengan
Kemampuan serta kesediaan membelinya. Keinginan
menjadi permintaan bila didukung dengan daya beli. Perbedaan ini bisa
menjelaskan bahwa pemasar tidak menciptakan kebutuhan; kebutuhan sudah ada
sebelumnya. Pemasar mempengaruhi keinginan dan permintaan dengan membuat suatu
produk yang cocok, menarik, terjangkau dan mudah didapatkan oleh pelanggan yang
dituju.
3.
Perbedaan pasar
dengan pemasaran
a. Pasar
Pasar adalah
Kelompok individual (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan
terhadap barang tertentu, berdaya beli dan berminat merealisasikan
pembeliannya.
b.
Pemasaran
Pemasaran adalah
Kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi
kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa, menetapkan harga,
mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar
memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
4.
Sebutkan dan jelaskan yang dimaksud Bauran Pemasaran ( Marketing
Mix)
Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya.
Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya.
Bauran pemasaran memiliki empat variabel yang dikenal dengan
istilah “4 P” (product, price, promotion, and place) yang saling berkaitan satu
sama lain. penjelasan mengenai variabel-variabel bauran pemasaran adalah
sebagai berikut:
1)
Produk (product)
adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk
diperhatikan, diperoleh digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan
dan keinginan konsumen.
2)
Harga (price)
Harga merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen
untuk mendapatkan suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang dirasakan dari
produk yang ditawarkan jika tidak maka konsumen akan membeli produk lain dengan
kualitas yang sama dari penjualan saingannya. Harga adalah satu-satunya alat
bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya.
Keputusan harga harus dikoordinasikan dengan rancangan produk, distribusi dan
promosi yang membentuk program pemasaran yang konsisten dan efektif.
3)
Tempat (place)
Tempat termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia
bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen
dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.
4)
Promosi (promotion)
Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk
mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran
tentang produk yang mereka hasilkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar