1. PENGERTIAN PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN
PERUSAHAAN
Pengertian atau definisi Perusahaan ialah suatu tempat
untuk melakukan kegiatan proses produksi barang atau jasa. Hal ini disebabkan
karena ‘kebutuhan‘ manusia tidak bisa digunakan secara langsung dan harus
melewati sebuah ‘proses‘ di suatu tempat, sehingga inti dari perusahaan ialah
‘tempat melakukan proses‘ sampai bisa langsung digunakan oleh manusia. Perusahaan
merupakan kesatuan teknis yang bertujuan menghasilkan barang atau jasa. Perusahaan
juga disebut tempat berlangsungnya proses produksi yang menggabungkan faktor-faktor
produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Perusahaan merupakan alat dari
badan usaha untuk mencapai tujuan yaitu mencari keuntungan. Orang atau lembaga
yang melakukan usaha pada perusahaan disebut pengusaha, para pengusaha berusaha
dibidang usaha yang beragam.
CONTOHNYA :
· Perusahaan nasional : PT TIRTA BAHAGIA
· Perusahaan internasional : PT. SIDOMUNCUL
· Perusahaan Multinasional : PT COCA COLA COMPANY
· Perusahaan Global : PT UNILEVER INDONESIA
LINGKUNGAN PERUSAHAAN
Keseluruhan dari factor-faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik
organisasi maupun kegiatannya
Pada dasarnya lingkungan perusahaan dibedakan menjadi :
a) Lingkungan Eksternal
Lingkungan eksternal perusahaan dapat dibedakan menjadi :
Ø Lingkungan eksternal makro
Adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap
kegiatan usaha. Contoh :
·
Keadaan alam : SDA, lingkungan.
·
Politik dan hankam : kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh
oleh politik dan hankam Negara dimana perusahaan berada
·
Hukum.
·
Perekonomian.
·
Pendidikan dan kebudayaan.
·
Social dan budaya.
·
Kependudukan.
·
Hubungan internasional.
·
Lingkungan
eksternal mikro
Adalah lingkungan eksternal yang pengaruh langsung terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
·
Pemasok / supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
·
Perantara, misalnya distribotur, pengecer yang berperan dalam
pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen.
·
Teknologi : yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan
metode, dll.
·
Pasar, sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.
Lingkungan eksternal perusahaan yang berpengaruh tidak langsung terhadap
kegiatan perusaan.
Ø Lingkungan Internal
Adalah factor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung
mempengaruhi hasil produksi.
Contoh :
v Tenaga kerja.
v Peralatan dan mesin.
v Permodalan (pemilik,
investor, pengelolaan dana).
v Bahan mentah, bahan
setengah jadi, pergudangan.
v System informasi dan
administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan.
2. perbedaan antara perusahaan
dan lembaga sosial
Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi
dan berkumpulnya semua faktor produksi. Biasanya
perushaan bersifat komersil, yaitu menawarkan barang dan jasa dengan tujuan
mencari keuntungan sebesar-besarnya.
Contoh perusahaan : Perusahaan nasional, Perusahaan internasional, Perusahaan
multinasional, Perusahaan Global, Perusahaan Jasa
Lembaga sosial atau dikenal juga
sebagai lembaga kemasyarakatan salah satu jenis lembaga yang mengatur rangkaian
tata cara dan prosedur dalam melakukan hubungan antar manusia saat mereka
menjalani kehidupan bermasyarakat dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup.
Lembaga sosial lebih bersifat sukarela, yaitu menawarkan barang dan jasa dengan
niat untuk menolong dan membantu tanpa mencari keuntungan. Biasanya lembaga
sosial menawarkan jasa.
Contoh lembaga sosial : Pranata
Keluarga, Pranata Pendidikan, Pranata Ekonomi, Pranata Agama, Pranata Politik,
Pranata Hukum, Pranata Budaya
3. PERBEDAAN
LETAK & TEMPAT KEDUDUKAN PERUSAHAAN
Tempat dan letak perusahaan merupakan salah satu faktor pendukung penting
yang dapat menjamin tercapainya tujuan perusahaan. Tempat kedudukan perusahaan
adalah kantor pusat perusahaan tersebut. Tempat kedudukan perusahaan pada
umumnya dipengaruhi faktor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lain,
seperti lembaga pemerintahan, lembaga keuangan, pelanggan dan sebagainya.
Contohnya:
·
PT. Jasa Marga, Jakarta Pusat
·
PT. TOTO, Jakarta Barat
Letak perusahaan
adalah tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik/pabrik. Letak perusahaan
dipengaruhi faktor ekonomi dan merupakan salah satu faktor penting menunjang
efisiensi perusahaan terutama dalam kaitannya dengan biaya. Faktor-faktor yang
mempengaruhi baiaya: ketersediaan tenaga kerja, ketersediaan modal,
transportasi, kedekatan pasar, kesesuaian iklim.
Contohnya:
·
Letak perusahaan yang terkait pada alam
·
Letak perusahaan berdasarkan sejarah
·
Letak perusahaan yang ditetapkan oleh pemerintan
·
Letak perusahaan yang dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi.
4. Perbedaan antara lingkungan eksternal mikro dan makro dalam dunia
usaha
Lingkungan eksternal mikro yaitu
lingkungan yang mempunyai pengaruh langsung terhadap kegiatan manajemen.
Lingkungan eksternal mikro diartikan sebagai faktor-faktor di luar rumah tangga
produksi atau dunia usaha yang berpengaruh langsung terhadap kegiatan dunia
usaha.
Faktor-faktor yang termasuk
lingkungan eksternal mikro:
§ penyediaan/pemasok(supplier)
dengan adanya pemasok faktor-faktor produksi, muncul kegiatan produksi, di
samping itu pemasok juga menunjang kelangsungan hidup dunia usaha
§ perantara
adalah pihak-pihak yang berperan dalam penyebaran hasil-hasil produksi dari
produsen ke tangan konsumen
§ teknologi
berkaitan secara langsung dengan perkembangan proses pengelolaan yang berupa
penemuan
§ pasar
dalam arti luas, meskipun letaknya berada di luar kegiatan produksi
Lingkungan eksternal makro yaitu
lingkungan yang mempunyai pengaruh tidak langsung. Masing-masing anggota dunia
usaha memiliki perbedaan dalam memberikan faktor-faktor yang secara kongkret
dapat dimasukan ke dalam lingkungan eksternal makro atau mikro. Hal ini di sebabkan
oleh sifat majemuk kegiatan dunia usaha.
Unsur-unsur lingkungan eksternal
makro dunia usaha sebagai berikut:
§ keadaan
alam
§ politik
dan hankam
§ hukum
peraturan perundang-undangan
§ perekonomian,
tingkat pendapatan
§ pendidikan
dan teknologi
§ hubungan
internasional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar