Jumat, 14 November 2014

TUGAS 5



1.     Alasan gue memilih jurusan akuntansi, karena gue sudah terlanjur masuk jurusan akuntansi saat SMK dulu dan merasa sayang jika harus mengambil jurusan lain. Selain itu juga karna gue sudah terlanjur jatuh cinta sama akun-akun di akuntansi. Hehe..
Hmm yang gue harepin dari ilmu akuntansi itu sendiri yaitu, supaya gue bisa mengelola keuangan saat gue udah berumah tangga nanti, terus bisa memanage semua pengeluaran dan disesuain dengan pemasukan yang ada. Daaann yang lebih menjadi impian gue yaitu supaya bisa mengelola keuangan saat gue punya usaha sendiri, seperti restoran atau cafe. Aamiin
2.     Bidang-bidang Akuntansi
a)     Akuntansi Keuangan merupakan bidang akuntansi terutama yang berkaitan dengan pencatatan dan pelaporan keuangan perusahaan yang ditujukan terutama kepada pihak-pihak eksternal perusahaan seperti investor, kreditor, lembaga pemerintah, pelanggan, pemasok dan masyarakat.
b)     Akuntansi Manajemen merupakan bidang akuntansi yang termasuk didalamnya akuntansi keuangan dan data-data keuangan estimasian yang berguna bagi manajer untuk menjalankan operasi perusahaan sehari-hari dan merencanakan masa depan operasi perusahaan.
c)      Pemeriksaan Laporan Keuangan (Auditing) merupakan bidang akuntansi yang berhubungan dengan pemeriksaan kewajaran pencatatan dan pelaporan keuangan yang disusun dan dipublikasikan oleh manajemen perusahaan.
d)     Akuntansi Biaya merupakan bagian dari akuntansi manajemen yang berhubungan dengan pencatatan dan pelaporan biaya biaya perusahaan. Akuntansi biaya ini bermanfaat bagi manajemen untuk merencanakan dan mengendalikan biaya-biaya perusahaan.
e)     Akuntansi Pemerintahan atau Sektor Publik merupakan bidang akuntansi yang berhubungan dengan pencatatan dan pelaporan keuangan pada organisasai pemerintahan atau organisasi yang memberikan jasa publik

3.     Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi :
1)     Neraca
2)     Laporan laba rugi
4)     Laporan perubahan posisi keuangan yang dapat disajikan berupa laporan arus kas
5)     Catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan
 SYARAT – SYARAT LAPORAN KEUANGAN :
1)     Relevan artinya bahwa informasi yang dijadikan harus ada hubungan dengan pihak-pihak yang memerlukan untuk mengambil keputusan.
2)     Dapat dimengerti artinya bahwa laporan keuangan yang disusun berdasarkan secara jelas dan mudah difahami oleh para pemakainya.
3)     Daya uji artinya bahwa laporan keuangan yang disusun berdasarkan konsep-konsep dasar akuntansidan prinsip-prinsip akuntansi yang dianut, sehingga dapat diuji kebenarannya oleh pihak lain.
4)     Netral artinya bahwa laporan keuangan yang disajikan bersifat umum, objektif dan tidak memihak pada kepentingan pemakai tertentu.
5)     Tepat waktu artinya bahwa laporan keuangan harus di sajikan tepat pada waktunya .
6)     Daya banding artinya bahwa perbandingan laporan keuangan dapat diadakan baik antara laporan perusahaan dalam tahun tertentu dengan tahun sebelumnya atau laporan keuangan perusahaan tertentu dengan perusahaan lain pada tahun yang sama.
7)     Lengkap artinya bahwa laporan keuangan yang disusun harus memenuhi syarat-syarat tersebut diatas dan tidak menyesatkan pembaca.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar